Langsung ke konten utama

Trigonometri (1)

Pengukuran Sudut


trigonometry rumus
Menurut gambar di atas maka dapat kita simpulkan bahwa bsahawasannya pengukuran sudut adalah salah satu aspek penting dalam pengukuran dan juga pemetaan kerangka ataupun titik-titik detail.
Sistem besaran sudut yang digunakan juga tak sama antara satu dengan yang lain.
Sistem besaran sudut dalam pemetaaan dan pengukuran bisa terdiri atas:
  • Sistem Besaran Sudut Seksagesimal
  • Sistem Besaran Sudut Sentisimal
  • Sistem Sesaran Sudut Radian
Dasar untuk mengukur besaran sudutnya sama yang ada pada sebuah lingkaran yang dibagi menjadi empat bagian. Dan lingkaran tersebut disebut sebagai kuadran yang terbagi menjadi 4 daerah. Diantaranya yaitu: Kudran I, II, III dan kuadran IV.
Untuk cara sexagesimal lingkaran bisa dibagi menjadi 360 bagian yang sama serta pada masing-masing bagiannya disebut sebagai derajat. Maka 1 kuadran dalam lingkaran tersebut yaitu = 90 derajat.
1o derajat= 60’.  1’ = 60”. 1o derajat = 3600”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumus-rumus Segitiga dengan Tigonometri

Penggunaan Trigonometri dalam Menentukan Luas Segitiga Masih Ingatkah kalian tentang mencari luas dalam segitiga saat kalian masih SD? Yup, tentu ingat dong… Coba Apakah rumus segitiga yang kalian ketahui????  Lalu, bagaimana untuk segitiga yang tidak bisa ditentukan secara pasti antara alas dan tingginya? Segitiga yang tidak dapat diketahui alas dan tingginya secara pasti termasuk dalam bentuk segitiga tidak beraturan.  Cara mencari luas segitiga tidak beraturan dapat diperoleh dengan memanfaatkan fungsi sinus. Selengkapnya dapat disimak pada uraian materi yang lebih jelas pada pembahasan di bawah ini Sebelum kita masuk bagaimana mencari luas segitiga, kita kenalan dulu dengan Aturan Sinus, Aturan Cosinus lalu Bagimana mencari Luas Segitiga sembarang   Aturan Sinus Mari kita lihat video dibawah ini sumber :  https://www.youtube.com/watch?v=fbf1udCFRhw Aturan Cosinus Mari kita lihat video  dibawah ini sumber :  https://www.youtube.co